Datang Bintang

Datang bintang tuh opo?
Says people ora ngartos :D.

Bahasa aku sih sebenernya. Kalo pacar lagi perhatian "sholat dulu syg!'' Ngga aku lagi datang bintang. Haha. Kan ngga malu-maluin banget ya. Datang bulan kan kuduna? Iyes biar agak lucu dikit. Bintang kan lucu gakaya kamu *eh ({})




Datang bintang = menstruasi
Gimana sih rasanya? Tanya cewe aja. Ya iya masa cowo. Mau? :p
Rasanya tuh sakit yang tak tertahankan, guling-guling di kasur, jerawat berdatangan, sensi juga iya. 
Detik-detik ramadhan kaya gini maunya ga bocor ya plis sebulan ini aja. Tapi klo ngga ntar disangka tekdung toh. Ada tuh yang sampe makan pil KB biar ga kodo di bulan lain. Aduh jangan lho! DANGEROUS! bukan dinosaurus asli berbahaya. Nanti aku bahas ya.

Rasanya? RUAR BIASA
Kenapa sakit?

Hampir semua cewe mengalami kram atau sakit pada perut saat menstruasi dan biasanya dirasakan muncul sebelum atau hari pertama haid. Aku sendiri biasanya hari pertama dan kedua sakit banget. Kram biasanya berlangsung satu sampai tiga hari. Rasa sakit saat menstruasi disebut disminorhea. Yang perlu dikhawatirkan adalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Penyebabnya : Saat sebelum haid, tubuh wanita menghasilkan zat prostaglandin yang membuat kontraksi rahim lebih kuat, jaringan sekitarnya terjepit (pembuluh darah) yang menyebabkan iskemi (rasa sakit yang berlebih) sehingga kekurangan oksigen. Reaksi kontraksi rahim setiap wanita berbeda sehingga menimbulkan nyeri yang berbeda pula. Prostaglandin sendiri merangsang ujung saraf nyeri pada rahim. Ya iya nambah sakit nih. Prostaglandin ini bekerja di seluruh tubuh. Berakibat mengapa rasa sakit pada seluruh badan dirasakan menjalar ke tulang belakang bahkan kaki dan tangan.

Berhati-hati karena nyeri saat mens kalau sudah tak tertahankan, mengganggu aktivitas harus mewaspadai penyakit di bawah ini. Jika dirasakan nyeri berlebihan segera konsultasikan ke tenaga kesehatan.

  1. Endometriosis : Radang pada jaringan endometrium lapisan rahim paling dalam. Ini terjadi karena endometrium (jaringan di sepanjang garis uterus atau rahim) tumbuh keluar uterus. Tanda paling umum terjadinya adalah rasa sakit yang tak tertahankan. Sebagai pengalaman, suatu hari saat teman saya menstruasi merasakan sakit dari kantin sampai ke asrama dia sampai merangkak. Ini gejala awal dan akhirnya setelah diperiksa diketahui sakitnya selama ini karena penyakit endometriosis yang dideritanya.
  2. Penyakit infeksi panggul : PID (Pelvic Inflammatory Disease), yaitu infeksi pada organ resproduksi wanita umumnya disebabkan oleh penyakit kelamin menular yang tidak langsung diatasi atau  karena infeksi yang bukan disebabkan oleh hubungan seksual. Bahayanya, wanita tidak selalu tahu kalau mereka mengalami PID karena gejala biasanya tidak terlalu terlihat. Tapi bisa berbahaya jika infeksi dibiarkan terlalu lama dan akibatnya wanita bisa kesulitan hamil. PID seringkali menimbulkan rasa sakit saat menstruasi, tapi intensitasnya tidak terlalu tinggi ketimbang endometriosis atau fibroid.
  3. Fibroid : Fibroid merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh di dinding uterus,biasanya cukup umum dialami wanita. Sekitar 30 % wanita di usia 30 ke atas kerap mengalami Fibroid, namun hingga kini penyebabnya belum diketahui dengan jelas. Biasanya ditandai pendarahan cukup banyak di rahim. Jika tumor berada cukup dekat dengan lapisan rahim atau menghambat peredaran darah ke lapisan tersebut, akan menimbulkan rasa sakit yang tiba-tiba, berkepanjangan hingga bercak. Fibroid tidak selalu membahayakan, tapi sejumlah studi menemukan kalau tumor jinak ini bisa memengaruhi kesuburan dan berpotensi menyebabkan keguguran. Jika kamu mengalami sakit berkepanjangan atau darah mens keluar lebih banyak dari biasanya,segera konsultasikan untuk diperiksa.


DANGEROUS 
Bahas masalah di awal ya, kira-kira bahaya ga pil KB dikonsumsi perawan? Aw..
Saat kita telat haid, atau sakit haid, haid 2 bulan sekali, atau ga teratur. Kalau pergi konsultasi ke bidan atau dokter kandungan, ujung-ujungnya dikasih tablet pil yang tak lain = pil KB yang diminum tiap hari biar ga punya anak (alat kontrasepsi). Nah kalau dikonsumsi nih sengaja biar di bulan Ramadhan ga ada bolongnya gimana?

Ok, niatnya bagus ya biar puasa full sebulan ga kalah sama anak laki. Kalau pil KB dikonsumsi sengaja pula tanpa resep. Dan lagi jadwal menstruasi mu setiap bulan sudah teratur lalu konsumsi pil KB. Gimana coba bahaya ga? Efek samping pil KB perlu diketahui jika dimakan oleh siapapun gadis atau udah married sekalipun efeknya pusing, mual, nyeri payudara, keputihan, kenaikan berat badan, dan ada yang mengatakan rahim kering (menurunnya kesuburan akan sulit mendapatkan anak lagi). Tujuan KB itu apa sebenarnya untuk menunda kehamilan, membuat jarak anak yang dilahirkan tidak terlalu dekat atau menjarangkan kehamilan. Tuhan sudah menakdirkan kalau seorang wanita mengalami menstruasi setiap bulannya umumnya siklus 28 hari. Otomatis sebulan sekali dateng tamu itu. So? pilihan di tangan kamu saran sih ga usah  daripada hal negatif menghampiri. Amit-amit ya.;)

Ingin lebih banyak tahu tentang menstruasi follow 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Datang Bintang"

Post a Comment