SURAMADU REVOLUSI BARU



Icon baru yang menjembatani tanah Surabaya dan Madura, sehingga dijuluki Suramadu. Jembatan penghubung yang kini menjadi pusat harapan yang berbuah kenyataan. Betapa tidak yang semula hanya mengandalkan transportasi laut, kini saling terhubung seperti sama halnya menapaki bumi. Perhubungan antara Surabaya-Madura biasanya menggunakan kapal yang membutuhkan waktu 2 jam berubah signifikan hanya 15 menit untuk jarak ± 5 km. Dan hal ini yang begitu disyukuri olehmu Suramadu dan semua yang menginginkanmu.
Indonesia adalah negara terkaya. Kita memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Harapan memuncak dari anakmu untuk ibu pertiwi, kejayaan di dunia ini. Penjajahan intelektual dihentikan, hingga kita kokoh berdiri disandingkan dengan negara-negara maju di luar sana.

Kemajuan yang kita harapkan tak saja pada aspek  industi tapi yang terpenting adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang kompeten. Menjayakan seluruh kemampuan masing-masing. Kita bisa, saya yakin karena sebenarnya banyak SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas yang harus ditularkan agar merata. Ya, setidaknya lebih merata daripada masa kini yang masih banyak kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan menyelimuti.

SIAPA YANG TAK MENGENALMU

71902_sby_meresmikan_jembatan_suramadu

Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) merupakan jembatan penghubung kedua pulau yakni Jawa (Surabaya) dan Madura (Bangkalan) yang melintasi selat Madura. Selain sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, jembatan ini juga dinobatkan sebagai jembatan terpanjang se-Asia Tenggara dengan panjang 5.438 m. 

Awal pembangunan jembatan Suramadu pada masa kepemimpinan Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 20 Agustus 2003. Dan berhasil diresmikan pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Hampir genap 6 tahun menyelesaikan proyek yang menghabiskan total biaya sekitar ± 4,5 Triliun Rupiah.

Pemerintah Indonesia membentuk sebuah lembaga yang bertugas mengelola, membangun, memfasilitasi kegiatan pembangunan dan melayani pengembangan wilayah Surabaya dan Madura. Lembaga ini bernama BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura). Badan ini juga bertugas untuk menangani percepatan pendapatan dan pembangunan infrastruktur di Madura.

HARAPAN UNTUKMU

Hidup Selamanya
Dikenalnya kata Suramadu, diharapkan tidak hanya sebatas icon jembatan semata. Tidak hanya dikenal pada saat peluncuran peresmian dibukanya jembatan ini. Tapi selamanya memiliki kekuatan magnet besar untuk menarik para wisatawan. Namun lebih dari itu, Suramadu menjadi awal revolusi pembangunan baru. Tak lagi berbicara Surabaya dan Madura tetapi untuk kita sebagai bangsa Indonesia. Kemajuan satu hal saja dari negara ini merupakan tanggung jawab kita bersama.
Penghantar Kemudahan
Tujuan jembatan Suramadu ialah memudahkan jalur transportasi dan komunikasi. Sehingga memudahkan semua aspek. Dengan adanya kemajuan transportasi serta komunikasi yang menjadi dasar pembangunan kedua daerah tersebut. Tak hanya itu bahkan Indonesia ikut bangga dan menerima keuntungan besar dengan kemajuan Suramadu. 
sumber : blog.djarumbeasiswaplus.org
Umumnya perhubungan kedua pulau dibutuhkan waktu untuk mengantri di dermaga, membeli tiket kapal fery, baru kemudian menikmati perjalanan di Selat Madura sekitar ± 2 jam lamanya. Namun kini waktu terasa lebih istimewa, menghadiahkan perjalanan singkat yang hanya membutuhkan sensasi beberapa menit saja. Semua ini berkat Suramadu.
Dengan adanya pembangunan Suramadu, pemerintah berharap akan peningkatan pemerataan pendapatan wilayah Surabaya ke wilayah Madura, pemerataan penduduk, pemerataan ekonomi. Sehingga akan berimbas pada penekanan urbanisasi dan peningkatan pendapatan pulau Madura 

Suramadu Mendunia
Tak ubahnya seperti Candi Borobudur, Menara Eiffel, Menara Pisa yang menduniaBesar impian kita mewujudkan Jembatan Suramadu sebagai destinasi utama tujuan wisata mancanegara. Semoga dan dengan upaya besar kita tuntaskan bersama.
sumber : www.fotografi.tp.ac.id

LANGKAH KITA

Mengenal Potensi 
Kekayaan Madura begitu besar dan harus dimanfaatkan dengan tepat. Kita mengenal pulau Madura sebagai pulau garam. Maka pembangunan bagi terciptanya penghasil garam terbesar di dunia harus diupayakan.
Mengeksplorasi objek wisata yang telah ada harus mengikutsertakan semua pihak di dalamnya. Kemajuan infrastruktur di Madura akan menekan laju urbanisasi penduduk Madura ke pulau Jawa. Artinya kita harus membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Dengan pembangunan industri dan pemanfaatan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. 
  • Objek Wisata 
Madura memiliki kekayaan alam yang indah dan sangat berpotensi. Diantaranya adalah Gunung Sumenep dan Gua Sumenep. Gua Sumenep terdapat di atas pegunungan Sumenep, merupakan tempat bersejarah yang dijadikan tempat bersemedi oleh raja-raja Sumenep abad ke 14-17. Sehingga tempat wisata ini memiliki banyak aset yang menjual dari segi seni, budaya, sejarah dan juga keindahan.
Gunung Sumenep
Sumber : twitter.com/Indo_Picture
Sumber Gambar : disbudparpora.sumenep.go.id
Gua Payudan
sumber : disbudparpora.sumenep.go.id
Disamping itu, Madura memiliki sejumlah wisata yang sangat indah dan ramai dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Alangkah lebih menarik lagi apabila objek wisata ini dikelola lebih baik lagi oleh pemerintah. Pantai Slopeng, Gua Kandali di Sumenep, Pantai Lomang di Sumenep , Pantai Slopeng, Gua Jeruk, Pemandian Srikandi (lebih lengkap bisa dilihat di (http://disbudparpora.sumenep.go.id/).






  • Seni dan Budaya
Pulau Madura terkenal dengan "karapan sapi" nya. Awal julukannya jika melihat dalam peta pulau kecil ini berbentuk seperti sapi. Setiap tahun diadakan festival karapan sapi yang diakhiri dengan pagelaran budaya yang memperebutkan piala presiden. Ajang ini sangat meriah dan memukau warga Madura maupun wisatawan.  
Bull Racing in Sumenep, Madura
sumber : greenteaandnoodles.wordpress.com
View image on Twitter
Pagelaran Budaya
sumber : plat-m.com
Tradisi yang masih dubudidayakan oleh masyarakat Madura amat sangat banyak. Di Kabupaten Sumenep terdapat beberapa tempat peninggalan yang menjadi tempat kawasan wisata yang erat kaitannya dengan budaya yakni : Asta Batu Ampar, Asta Gumuk Brembeng, Asta Majapahat, Asta Ponjuk - I, Asta Ponjuk - II, Asta Panaongan, dan Asta Karang Sabu. Seni teater ludruk dan seni topeng juga menjadi kebanggaan Madura(lebih lengkap bisa dilihat di : http://disbudparpora.sumenep.go.id/)
Selain objek wisata dan kesenian, Madura memiliki objek wisata khusus seperti pengrajin batik tulis Madura, pandai besi, pengrajin genting, pengrajin keris, pengrajin kerupuk, pengrajin terasi udang, pengrajin ukir-ukiran, serta petani garam. Wawasan luas bisa anda dapatkan dengan mengunjungi tempat-tempat ini.
  • Menjadi Penghasil Batik terbesar di Indonesia

Batik khas Madura
sumber : google.co.id
Kenapa tidak? Buktikan kalau kita bisa. Potensi budaya batik Indonesia sangat besar. Dan hampir setiap daerah memiliki ciri dan ragam tersendiri dalam motif batik yang berbeda-beda. Membudayakan batik sampai mancanegara dengan berbagai upaya yang dilakukan bersama. 
Apalagi motif batik dari daerah Madura dengan warna dasar yang cerah dan kekhasan gambar karakter masyarakat lokal. Warna cerah menggambarkan kekuatan karakter penduduk asli Madura.
  • Pulau Garam Penghasil Garam Terbesar di Dunia 
baycomden27.blogspot.com
Julukan "pulau garam" telah kita kenal dari dulu. Maka jadikan pulau garam ini sebagai penghasil garam terbesar di dunia. Dengan pengelolaan yang lebih baik dari segi infrastruktur. Lebih baik jika dikelola oleh satu badan sehingga hasil para petani dikumpulkan menjadi satu. Dan akan lebih mudah memperbaiki infrastruktur.
Menduniakan Suramadu
Diharapkan ekspos Suramadu dapat meningkatkan kunjungan pariwisata, mengenalkan seni budaya Surabaya dan MaduraLangkah tercepat ialah minimal semua warga Surabaya dan Madura mendukung langkah menduniakan Suramadu. Dengan mengekspos sebanyak-banyaknya objek wisata yang dimiliki kedua kota ini. Dengan begitu dunia tahu dan ingin mengenal Suramadu lebih dekat. Dalam arti tak hanya jembatan tapi kedua pulau yang terhubung adalah aset besar yang mendatangkan keuntungan bagi Indonesia. 
Surabaya dan Madura memiliki potensi besar untuk mendatangkan turis lokal maupun mancanegara. Sehingga langkah kita hanya menduniakan hal-hal yang tersembunyi. Alias kurang dikenal dunia luar. Salah satunya dengan bangga mengunjungi objek wisata di daerah Surabaya dan Madura. Saya yakin apabila seluruh pengunjung diwajibkan untuk mengekspos kekayaan daerah masing-masing dalam akun sosial media masing-masing. Maka Suramadu akan mendunia. Dan membukakan mata bahwa Suramadu tak hanya memiliki jembatan tapi merupakan penghubung kedamaian, kemudahan, serta keindahan.
PERSIAPKAN UNTUK SEGALANYA
Memperbaiki Sistem
Perbaikkan pengolahan pembangunan setiap tempat objek wisata yang diekspos, awali dengan pengawasan oleh badan terkait. Mengetahui dan memahami potensi. Serta pengembangan yang dilakukan dengan perbaikkan fasilitas setiap objek wisata. Semua pihak mendukung pembangunan seni budaya, wisata, kuliner, dan segala macam potensi yang dikenal di Madura ini. 

Menyediakan Travel Wisata Menarik
Menyediakan travel yang secara lengkap menampilkan wisata, budaya, kuliner, dan seni budaya yang di paketkan menjadi satu. Sehingga pengelolaan yang baik akan berdampak pada kepuasan wisatawan. 
Menghargai SDM (Sumber Daya Manusia) dan Membudidayakan Seni, Kebudayaan dan Wisata Madura

www.semengresikfoundation.org
www.semengresikfoundation.org
 
Memasukkan pelajaran seni dan budaya Madura ke dalam kurikulum pendidikan. Sehingga secara tidak langsung dapat melestarikan budaya yang dibudayakan oleh generasi baru yang dimiliki Madura. Contohnya kesenian dan budaya yang dimiliki diwajibkan dipelajari oleh anak sekolah. 

Mengikuti lomba nasional maupun internasional terkait dengan seni dan budaya. Madura salah satunya memiliki kesenian teater ludruk, seni topeng dan pagelaran budaya. Hal ini perlu dikelola oleh para ahli dalam bidangnya agar lebih menarik. Dengan melestarikan apa yang dimiliki Madura. Mengekspos sebesar-besarnya apa yang dimiliki Madura

Semoga semua harapan dapat direalisasikan dengan tepat. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah Surabaya maupun Madura, Mengembangkan potensi kedua belah pihak, menekan laju urbanisasi serta menduniakan Suramadu

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "SURAMADU REVOLUSI BARU"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete