Pencegahan HIV AIDS

1 Desember 2014
Berbagai media sosial banyak mengutarakan kepeduliannya terhadap HIV AIDS. Termasuk penyanyi kece satu ini, Vidi Aldiano. Dengan kepeduliannya terhadap HIV AIDS. Ia mengajak seluruh rakyat Indonesia terutama penyuka musik untuk memberi tombol like pada single Membiasakan Cinta yang di upload di You Tube. Setiap 1 like sama dengan menyumbang Rp 100,00 .

Pencegahan HIV AIDS
Respect byVidi Aldiano
Perilaku yang sangat baik dilakukan seorang public figure. Dengan niatnya saja mengajak kita semua untuk memperhatikan HIV AIDS saja sudah sangat luar biasa. Apalagi dengan memberi santunan sejumlah donasi kepada ODHA (Orang Dengan HIV AIDS). Jumlah donasi yang terkumpul ± Rp 15.090.800,00.
Mengenal HIV AIDS
ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) perlu mendapat hak dan kesempatan sama untuk hidup. Banyak khalayak umum yang mengartikan bahwa setiap ODHA itu nakal. Memang HIV AIDS sangat erat kaitannya dengan free sex, obat-obat terlarang seperti narkoba, dunia malam dan lainnya. Tapi apa kamu tahu orang yang tak pernah mengenal hal-hal yang disebut "nakal" itu bisa terkena juga. Siapa tahu kamu juga beresiko?

Pencegahan HIV AIDS
Lambang Pita Merah terlipat adalah simbol solidaritas orang-orang yang positif  terinfeksi virus HIV dan AIDS


HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency virus. Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga kita tak bisa mempertahankan kondisi tubuh secara sehat dan menangkal segala jenis penyakit. Inilah yang disebut dengan kekebalan tubuh yang menurun.
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome
AIDS adalah bentuk terparah dari penyakit yang ditimbulkan virus HIV. 

Cara Penularan HIV
  • Darah 
  • Cairan Vagina
  • Cairan Sperma 
  • Air Susu Ibu
 HIV tidak menular melalui :

  • Gigitan Nyamuk
  • Bersalaman
  • Berdiskusi
  • Berpelukan
  • Berciuman  


 Gejala Utama AIDS
Pencegahan HIV AIDS
Gejala Utama HIV-AIDS
Berbagai gejala yang muncul biasanya tidak langsung terlihat pada penderita HIV-AIDS. Rata-rata sekitar ± 5 tahun baru gejala-gejala penyakit itu muncul. Kebanyakan kondisi ini muncul diakibatkan oleh infeksi dari bakteri, virus, fungi dan parasit yang dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh yang dirusak oleh HIV AIDS.

Gejala penyerta yang biasanya menyerang setelah diketahui penyakit ini ialah infeksi sistemik seperti demam, berkeringat, pembengkakan kelenjar, kedinginan, merasa lemah, penurunan berat badan. Dan penyakit-penyakit mengerikan yang menggerogoti penderita HIV AIDS diantaranya pneumonia paru-paru (penyakit paru-paru utama),esofagistis (penyakit radang kerongkongan), kanker dan tumor ganas, toksoplasmosis, dan infeksi oprtunistik lainnya.

Pengalaman Bersama ODHA (Orang Dengan HIV AIDS)
Sebagai tenaga kesehatan tentu memiliki resiko lebih besar dari penularan berbagai penyakit. Tak hanya HIV AIDS, berbagai penyakit bisa tertular. Oleh karena itu APD (Alat Perlindungan Diri) sangat penting. 
Hari itu saya kebetulan praktik di Ruang Poli Kandungan RSU dr. Soekardjo Tasikmalaya. Bersama bidan senior dan dokter kandungan tentunya. Setiap hari selain hari libur, ruang poli kandungan menerima pasien pemeriksaan gynekologi, pemeriksaan USG dan rujukan dari Ruang PONEK. 
Saya bertugas di bagian pemeriksaan gynekologi. Seperti biasa saya melayani setiap pasien yang datang ditemani bidan senior. Setelah selesai pemeriksaan sambil berbincang-bincang dengan pasien. Akhirnya dia memberi tahu bahwa ia adalah seorang ODHA. 
Alangkah terkejutnya saya, karena saya berkontak langsung dengan darah penderita. Sebenarnya memang sudah seharusnya melayani pasien dengan berbagai kondisi. Tapi jangankan orang awam, saya saja dengan didasari pengetahuan hiv aids mengaku agak takut tertular penyakit ini. Untung saja saya tetap memakai jurus terjitu tenaga kesehatan. Yaps, APD (Alat Perlindungan Diri).

APD (Alat Perlindungan Diri) terdiri dari sarung tangan, masker, penutup kepala, kaca mata, baraskot, safety box
Pencegahan HIV AIDS

Pemeriksaan Darah untuk HIV AIDS
Sekitar 2 bulan setelah pengalaman saya dengan ODHA, tak sengaja saya mengikuti tes HIV. Hari itu dilakukan pemeriksaan ANC (Ante Natal Care) yakni pemeriksaan masal ibu hamil. Setelah pemeriksaan fisik ibu hamil dari kepala sampai kaki (head to toe) dilakukan pemeriksaan penunjang.

Pemeriksaan dilakukan di Puskesmas Cintaraja bersama bidan desa dan perawat dari Puskesmas Singaparna. Hal ini merupakan upaya kesehatan untuk mencegah dan mengantisipasi secara dini penyebaran HIV AIDS. Serta melakukan pemeriksaan rutin ibu hamil demi meningkatkan derajat kesehatan, mengurangi (AKI) Angka Kematian Ibu dan (AKB) Angka Kematian Bayi.


Pencegahan HIV AIDS
Sumber : doc. pribadi
Pemeriksaan darah (23/04/2014)
Mau periksa HIV AIDS? 
Segera periksakan di klinik terdekat, bisa di Puskesmas yang terdekat dengan rumah anda.

Quotes jadul yang masih perlu diingat nih!

"Lebih baik mencegah daripada mengobati"

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Pencegahan HIV AIDS"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Some individuals can be HIV negative but have AIDS. While others can be HIV positive and not have AIDS. Doesn't this expose the flawed logic in the HIV AIDS hypothesis?http://www.easeofmobility.com/best-knee-walker-guide-2017/

    ReplyDelete