Pengetahuan Dasar Seorang Bidan

Siapa itu BIDAN ?

Setelah membaca artikel saya sebelumnya, apakah sudah terbayang bidan itu seperti apa ? Mereka itu wanita atau pria ? Btw, bidan di Indonesia adalah wanita. Sedangkan bidan di luar negri tidak cuma wanita guys. Bidan di luar sana ada dari kalangan pria juga lho.

Siapa itu bidan? Bidan itu seseorang yang membantu persalinan. Apakah cukup dengan arti tersebut? Apakah setiap orang yang membantu persalinan disebut bidan? Lalu apa perbedaan bidan dengan dukun beranak (di daerah saya disebut paraji)? 

Bidan adalah sebuah profesi bagi seseorang yang telah menyelesaikan program kebidanan yang memiliki keahlian atau kepandaian melakukan asuhan pada setiap siklus reproduksi wanita. Itulah bedanya bidan dengan dukun beranak atau paraji. Bidan memiliki legalitas atas profesi ini dengan menyelesaikan program kebidanan. Bidan memiliki kode etik profesi dan berada di bawah naungan salah satu organisasi profesi. Organisasi profesi yang melindungi bidan adalah IBI (Ikatan Bidan Indonesia).

Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa tenaga dukun beranak memiliki andil yang besar dalam pelayanan kebidanan sejak dulu kala. Seiring dengan kemajuan teknologi maka ditemukannya berbagai disiplin ilmu. Maka peralatan medis pun dalam bidang kesehatan memiliki kemajuan. Bahkan sampai saat ini kita masih bisa melihat peran serta dukun beranak atau paraji dalam pelayanan ibu dan anak. Walau pun peran tersebut adalah kemitraan dengan bidan. Bidan harus bermitra dengan dukun beranak atau paraji. Karena bagaimana pun kita tidak bisa menyingkirkan hal-hal yang menjadi kepercayaan masyarakat. Alangkah lebih baiknya jika kita bisa bermitra dengan mereka.

Pada saat saya praktik kebidanan ada beberapa dukun beranak yang sudah terlatih. Bahkan ada pula dukun beranak atau paraji laki-laki yang masih eksis dalam kehidupan masyarakat. Hal ini terkadang menjadi polemik di masyarakat. Di sisi lain terdapat kepercayaan yang kuat dari masyarakat terhadap adat-adat tertentu namun di sisi lain pelayanan kebidanan yang syarat dengan jaminan ilmu kesehatan lebih diutamakan.

PANDUAN KEBIDANAN
PANDUAN KEBIDANAN
Foto di atas ini dokumen saya sendiri waktu tingkat satu program D III Kebidanan. Sekarang sudah terbayang seorang bidan itu bagaimana bukan. Mahasiswa kebidanan atau calon bidan sendiri identik dengan seragam putih biru atau putih-putih. Nah sebenarnya seorang bidan sungguhan atau seseorang yang sudah lulus dari akademi kebidanan juga sama memakai seragam putih-putih. Ada pula bidan yang tidak memakai seragam putih-putih. Konteksnya bukan hanya dilihat dari seragam. Namun dari profesi itu sendiri. Di artikel selanjutnya saya akan jelaskan mengenai pembagian tugas bidan. 

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Pengetahuan Dasar Seorang Bidan"

  1. Hai Mbak Fenny. Saya selalu memberikan apresiasi lebih kepada para profesional yang suka ngeblog dan menuliskan ttg profesinya di blognya supaya. Dengan demikian, masyarakat awam bisa menemukan penjelasan tentang profesi tersebut dalam penuturan yang sederhana, mudah dimengerti.

    Salut saya, Mak Fenny. Terus ngeblog yah, edukasi dalam bentuk tulisan seperti ini akan sangat berguna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbaak makasih atas apresiasinya ya mba . Alhamdulillah kalau bisa dipahami dengan mudah. Mudah-mudahan bisa konsisten menulis nih mba maklum kalo cape sedikit suka dijadiin alasan. hehehe

      Makasih udah maen2 kesini ya Mbak. Saya sangat senang kalau dapet respon seperti ini apalagi sama Mbak Mugniar... Saya banyak belajar dari mbak.

      Delete
  2. Kenalan dulu ah, sama Blogger Bidan.

    ReplyDelete