Perkembangan Bidan

Bagaimana perkembangan BIDAN sampai saat ini ?


Perkembangan bidan amat sangat pesat dari waktu ke waktu guys. Hal ini terlihat dari sejarah pelayanan kebidanan dari masa lalu yang tak bisa kita lupakan begitu saja. Bukannya Bung Karno pun bilang jangan sekali-kali kita melupakan yang namanya sejarah ya. JAS MERAH dong ! 

Kemajuan ini terlihat dari derajat kesehatan ibu dan anak yang semakin terpenuhi. Perkembangan bidan di berbagai negara itu berbeda-beda. Namun seiring dengan tingkat pengetahuan dan ilmu yang semakin pesat seharusnya sebanding dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat terutama ibu dan anak. 
Perkembangan Bidan
Sketsa Perkembangan Bidan

Peningkatan AKI dan AKB pun menjadi momok yang menakutkan bagi para tenaga kesehatan terutama bidan. Isyu ini selalu menjadi indikator penting bagi kemajuan pelayanan kita. Walau pun sejatinya indikator yang tidak boleh dilupakan adalah Angka Kelahiran dan juga Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index.

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Perkembangan Bidan"

  1. Skarang banyak bidan yang membuka praktek untuk membantu persalinan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak di daerah saya ada 2 bidan setiap desa.
      Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. semakin banyak klinik bidan, semoga dg ini keselamatan bayi dan anak bs lbh terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin allohuma amin.
      Ini tugas dan tanggung jawab bidan mba tentunya harus ada peningkatan kerjasama dari klien juga.

      Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Klo di kampung bidan juga merangkap dokter karena kurangnya tenaga medis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga mendengar dari rekan bidan desa terpencil, harus siap mengatasi keluhan apapun karena kondisi tak terkendali.
      Kalau boleh saya tahu daerah mana mas?

      Delete
  4. Jadi ingat bidan yang membantu persalinan saya, waktu itu di RS perusahaan tempat suami bekerja. Anak sulung saya kelilit - tercekik malah tapi usar sebanyak 3 kali, tapi bidannya cekatan. Alhamdulillah peralatan pantaunya canggih, juga. Salutnya lagi, bidannya tenaaang sekali. Anak saya setengah jam di jalan lahir. Lahir setelah satu lilitan dipotong oleh bidan, dan dia ditarik keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillah ya mba dede bayi nya terselamatkan. Terimakasih sudah sharing pengalamannya Bunda. Semoga saya juga bisa tenang dan cekatan juga seperti rekan sejawat disana :)

      Sehat selalu Mbak sekeluarga
      Salam dari Tasikmalaya :)

      Delete