SISTEM REPRODUKSI WANITA

Setelah kamu membaca artikel Sistem Reproduksi maka kali ini kita akan membahas mengenai sistem reproduksi wanita. Sistem reproduksi wanita sangat berbeda dengan sistem reproduksi pria. Bagaimana tidak, alat-alat reproduksi kedua jenis kelamin ini saja berbeda.

Seorang bidan pasti sering menemui bahasan tentang sistem reproduksi wanita. Biasanya bahasan ini erat kaitannya dengan mata kuliah anatomi atau fisiologi. Jelas sangat penting sekali untuk bekal kamu sebagai bidan suatu saat nanti. 

Sistem reproduksi wanita lebih kompleks daripada sistem reproduksi pria. Mengapa? Karena hampir semua proses reproduksi seorang manusia terjadi pada seorang wanita. Maka kita patut bangga sebagai seorang wanita.

Secara umum, fungsi sistem reproduksi wanita adalah sebagai berikut :

  • Menghasilkan sel telur
sistem reproduksi wanita
sel telur
Sistem reproduksi seorang wanita bertugas untuk menghasilkan sel telur. Sel telur ini adalah cikal bakal zygote. Zygote itu hasil percampuran sel sperma dan sel telur. Alat reproduksi wanita yang memiliki fungsi untuk menghasilkan sel telur adalah ovarium.
  • Tempat proses pembuahan
sistem reproduksi wanita
tuba palovi - tempat pembuahan 
Tempat proses pembuahan terjadi di dalam alat reproduksi wanita. Pembuahan atau dengan kata lain tempat bertemunya sel telur dan sel sperma seperti gambar di atas ini terjadi pada tuba palovi. Waktu yang dibutuhkan sebuah sel telur ke rahim sekitar 3-4 hari. Nah, jika pada rentang waktu ini ada sel sperma yang berhasil bertemu dengan sel telur. Maka terjadilah yang namanya pembuahan. Dan berubah menjadi sebuah zygote.
  • Tempat proses implantasi 
sistem reproduksi wanita
tempat implantasi
Salah satu fungsi sistem reproduksi wanita yang utama adalah tempat impalntasi. Implantasi ini berlangsung di dalam rahim mulai dari kehamilan sampai kelahiran bayi. Rahim menyediakan tempat zygote tertanam di dalam lapisan rahim atau endometrium. Setelah itu, zygote akan tumbuh dan berkembang sampai menjadi janin. Tidak semua wanita memiliki rahim yang normal.
  • Tempat jalan lahir dan proses aktivitas seksual
sistem reproduksi wanita
sistem reproduksi wanita
Alat reproduksi wanita yang berfungsi sebagai tempat jalan lahir dan tempat berlangsungnya aktivitas seksual adalah vagina. Vagina memiliki panjang sekitar 7-10 cm. Rata-rata wanita Indonesia memiliki vagina berukuran 7-8 cm. Sifatnya elastis untuk penetrasi bagi penis. Vagina juga merupakan tempat keluarnya darah menstruasi. Maka jika pada saat sel telur tidak dibuahi sperma, sel telur ikut luruh pada saat menstruasi. 

Demikian bahasan mengenai sistem reproduksi wanita dan fungsinya. Sistem reproduksi wanita berlangsung oleh kerjasama berbagai alat reproduksi wanita. Alat reproduksi wanita terdiri dari genitalia eksterna dan interna.

Nah, sebagian dari alat reproduksi wanita dalam (genitalia interna) telah dijelaskan dalam artikel ini. Adapun beberapa hal yang belum dijelaskan secara rinci akan diberikan di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya guys! ^_<

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "SISTEM REPRODUKSI WANITA "

  1. wah mantap yah jadi nambah ilmu mbak thx yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat :)
      makasih sudah berkunjung mas.

      Delete