Tanda-tanda Melahirkan

Pengalaman merawat ibu dalam proses melahirkan begitu menakjubkan. Perbedaan keluhan juga amat beragam. Ada yang sabar, pendiam, bawel, mondar-mandir tidak bisa diam, bahkan ada yang berteriak-teriak padahal belum ada pembukaan. Kebayang kan guys gimana serunya kalau hal ini menjadi keseharian?   

Semua orang harus tahu tanda melahirkan ini. Salahnya kaum laki-laki biasanya agak cuek, karena mereka kira hal yang seperti ini adalah urusan wanita. Ini yang harus dibenarkan! Tanda-tanda melahirkan harus dikenali oleh semua kalangan. Apalagi keluarga ibu hamil yang sehari-hari mengawasinya.

Mau tahu tandanya apa saja? Kenali 4 tanda melahirkan di bawah ini!

1.Sakit pinggang hilang timbul

Masa di akhir kehamilan membuat ibu merasa sakit punggung berlebih. Tahukah ibu, rasa sakit ini akibat pergerakan dan pergeseran bayi yang mulai menekan tulang belakang. Ternyata janin di dalam perut ibu juga sudah tidak sabar ingin melihat ayah dan ibunya di dunia luar. 

Tanda-tanda Melahirkan
Tanda-tanda Melahirkan : sakit pinggang


Kalau ibu mengeluh sakit pinggang atau punggung, sabar ya ayah ! Temani ibu, kalau perlu di elus-elus juga boleh. Boleh banget. Gambar di atas ini bisa dijadikan panutan guys. 


2. Kontraksi Meningkat
Sebenarnya ada beberapa hal yang tidak banyak orang awam tahu tentang kontraksi. Sejak awal ibu dinyatakan positif hamil, dinding rahim sudah mengalami kontraksi yang tidak menimbulkan rasa nyeri. Kontraksi nya tidak beraturan namun normal terjadi.

Umumnya kontraksi ini muncul tidak diduga sebelumnya. Namun kita harus bedakan yang mana kontraksi palsu dan mana yang merupakan tanda ibu akan segera melahirkan. 

Memasuki satu/dua minggu persalinan biasanya frekuensi kontraksi semakin meningkat. Bagi ayah atau keluarga harus semakin waspada. Kontraksi rahim sekitar 10 sampai 20 menit sekali maka lebih baik segera mengunjungi bidan terdekat. Nah, ini yang membedakan kontraksi palsu dan kontraksi sebenarnya yakni dari frekuensi kontraksi yang semakin meningkat. 

Tanda-tanda Melahirkan
Tanda-tanda Melahirkan : kontraksi
Duh, kalau ibu ada yang mendampingi seperti ini sih enak ya. Romantisnya, pasti bikin baper orang-orang disekitarnya. Nah, buat para ayah atau calon ayah boleh ditiru ya. Hehe #kode nih.


3. Keluar lendir & darah dari lubang vagina
Selama masa kehamilan, lendir ini sudah ada mengganjal dan menghalangi bayi diantara lubang vagina. Gumpalan lendir yang lengket ini disebut mucus. Keluarnya lendir bercampur darah pada ibu hamil ini menandai berakhirnya kehamilan.

Tanda-tanda melahirkan
Tanda-tanda melahirkan : keluar darah & lendir

4. Keluar cairan ketuban
Seringkali pada proses kelahiran bayi membran masih utuh. Namun ada pula ibu yang merasakan ketubannya rembes. Bahkan ada pula ketuban yang menyembur. 

Banyak sekali ibu tidak merasakan sakit. Secara tiba-tiba pakaian ibu basah begitu saja. Karena membran tidak memiliki saraf sehingga tidak menimbulkan rasa sakit.

Simak video berikut ini!
video

Subhanalloh luar biasa menakjubkan ya. Tuhan melindungi kita dengan sempurna. Semoga kita tergolong umat yang pandai bersyukur

***

Demikian sharing sedikit mengenai tanda-tanda melahirkan. Tanda-tanda persalinan secara umum sudah saya berikan. Pada kenyataannya tanda persalinan memiliki banyak versi. Bahkan ada beberapa mitos atau kepercayaan yang dijadikan tanda persalinan bagi masyarakat. Misalnya rasa ibu ingin beres-beres seluruh rumah, dsb.

Hal ini tidak ada salahnya namun yang terpenting ibu atau ayah dan juga calon ibu serta calon ayah wajib mengenali tanda-tanda ini ya! Supaya lebih waspada!
Kalau ada pengalaman menarik pribadi dari ibu atau orang disekitarnya silahkan berbagi disini ya guys! Semoga bermanfaat. ^.^

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Tanda-tanda Melahirkan"

  1. Ikut membaca, buat pengetahuan Biar besok kalau nikah trus istrinya hamil bisa tau kapan tanda2nya bakal lahiran. 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong mas, biar respect hehe

      Semoga bermanfaat ya. Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Saya mengalami semua tanda-tanda tersebut. Duuh..jadi inget mulesnya....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillah ya Mba, anugrah bagi wanita yg mengalaminya. Semoga Mba & keluarga sehat selalu :)

      Delete
  3. Buat pengetahuan nih, siapa tahu kelak bisa membantu kalau sudah punya istri :)

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Alloh semoga bermanfaat ya mas :)

      Salam kenal juga :)

      Delete
  4. Catet dulu mbak... Buat pengetahuan tar kalau udah punya istri, jadi tau kalau mau nglahirin tandanya apa aja hihihibhi... Salam kenal ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap catet aja mas, iya dong biar jadi suami siaga :D

      Salam kenal juga :)

      Delete
  5. Jadi ingat .... pernah tiga kali mengalami pengalaman melahirkan yang berbeda2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah pasti luarbiasa bahagia nya melewati itu semua ya Bunda :)

      Delete
  6. keren nih few! aku mah belum pernah bahas yang ginian di blog ahaha

    ReplyDelete